PROGRAM VERTICAL, HORIZONTAL, & DIAGONAL
BERBASIS OPENGL
Untuk mulai
membuat garis vertikal, horizontal, dan diagonal, ikuti langka-langkah dibawah;
1. Klik menu File > Pilih New > Project
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project
Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana membuat
garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal berbasis OpenGL.
Garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal , lihat pada
project. begitu selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar
kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code deafault
untuk openGL ini berupa segitiga. yang harus dilakukan adalah mencari bagian
yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ (pada line ke-81). untuk
mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL cukup mengubah-ubah pada
bagian-bagian tertentu saja.
Penjelasan source code garis vertikal mulai dari line 81 adalah sebagai
berikut:
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);
Perintah untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode
RGBA.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Perintah yang digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan
warna hitam.
glPushMatrix ();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);
Untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); //
Untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);
untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);
digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Lalu ketika source code behasil dibuat, run program dengan cara menekan F9
tetapi sebelumnya program harus disave terlebih dahulu. Berikut hasil output
dari program diatas:
Garis Horizontal
Ubah source
code yang ada dimulai pada line 81 sebagai berikut:
Penjelasan source code garis horizontal mulai dari line 81 adalah sebagai
berikut:
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);
Digunakan Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar
dalammode RGBA.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);
Untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1);
Untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
Untuk
menentukan warna garis/titik.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
Untuk menentukan titik yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd();
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
glPopMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Lalu ketika source code behasil dibuat, run program dengan cara menekan F9
tetapi sebelumnya program harus disave terlebih dahulu. Pada program diatas,
sebagai contoh warna yang dibuat pada garis yaitu warna biru. Berikut hasil
output dari program diatas:
Membuat garis Diagonal
Ubah source
code yang ada dimulai pada line 81 sebagai berikut:
Penjelasan source code garis horizontal mulai dari line 81 adalah sebagai
berikut:
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f,
0.0f);
Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar
dalammode RGBA.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.
glPushMatrix ();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);
Untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1);
Untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.8);
Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
glPopMatrix ();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Lalu ketika source code behasil dibuat, run program dengan cara menekan F9
tetapi sebelumnya program harus disave terlebih dahulu. Berikut hasil output
dari program diatas:
dibawah ini terlampir file & program agar mempermudah untuk mempelajari program diatas:
- Download File----------> Klik Disini
- Download Propgram---> Klik Disini
0 komentar:
Posting Komentar
Leave Comment Here