Program membuat garis berbasis OpenGL

Minggu, 02 November 2014



PROGRAM VERTICAL, HORIZONTAL, & DIAGONAL BERBASIS OPENGL



Untuk mulai membuat garis vertikal, horizontal, dan diagonal, ikuti langka-langkah dibawah;

1. Klik menu File > Pilih New > Project
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project

Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal berbasis OpenGL.

Garis Vertikal

        Untuk membuat garis vertikal , lihat pada project. begitu selesai membuat project pasti yang muncul adalah bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code deafault untuk openGL ini berupa segitiga. yang harus dilakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ (pada line ke-81). untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL cukup mengubah-ubah pada bagian-bagian tertentu saja. 






Penjelasan source code garis vertikal mulai dari line 81 adalah sebagai berikut:

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
Perintah untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA.

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Perintah yang digunakan untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.

glPushMatrix ();             
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glClearColor(1,1,1,0);    
Untuk menentukan warna garis/titik.

glColor3f(1,1,1); //         
Untuk menentukan warna garis/titik.

glBegin(GL_LINES);                
untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.

glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  
Untuk menentukan titik awal yang digunakan.

glVertex3f(0,0,0.0);                
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.

glEnd ();             
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .

glPopMatrix (); 
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

SwapBuffers (hDC);

digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Lalu ketika source code behasil dibuat, run program dengan cara menekan F9 tetapi sebelumnya program harus disave terlebih dahulu. Berikut hasil output dari program diatas:



Garis Horizontal
Ubah source code yang ada dimulai pada line 81 sebagai berikut:




Penjelasan source code garis horizontal mulai dari line 81 adalah sebagai berikut:

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);

Digunakan Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA.

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.

glPushMatrix();           
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glClearColor(1,1,1,0);  
Untuk menentukan warna garis/titik.

glColor3f(1,1,1);     
Untuk menentukan warna garis/titik.

glBegin(GL_LINES);               
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.

glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
Untuk menentukan warna garis/titik.

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);  
Untuk menentukan titik awal yang digunakan.

glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        
Untuk menentukan titik yang digunakan.

glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.

glEnd();             
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.

glPopMatrix(); 
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Lalu ketika source code behasil dibuat, run program dengan cara menekan F9 tetapi sebelumnya program harus disave terlebih dahulu. Pada program diatas, sebagai contoh warna yang dibuat pada garis yaitu warna biru. Berikut hasil output dari program diatas:


Membuat garis Diagonal
Ubah source code yang ada dimulai pada line 81 sebagai berikut:


Penjelasan source code garis horizontal mulai dari line 81 adalah sebagai berikut:

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  

 Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA.

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 

Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam.

glPushMatrix ();          
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glClearColor(1,1,1,0);   
Untuk menentukan warna garis/titik.

glColor3f(1,1,1);    
Untuk menentukan warna garis/titik.

glBegin(GL_LINES);        
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.

glVertex3f(0,0,-0.8);        
Untuk menentukan titik awal yang digunakan.

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.

glEnd ();              
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.

glPopMatrix ();  
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Lalu ketika source code behasil dibuat, run program dengan cara menekan F9 tetapi sebelumnya program harus disave terlebih dahulu. Berikut hasil output dari program diatas:




dibawah ini terlampir file & program agar mempermudah untuk mempelajari program diatas:
- Download File----------> Klik Disini
- Download Propgram---> Klik Disini


0 komentar:

Posting Komentar

Leave Comment Here