2KA31
DAVID HANDOKO (11112727)
FARIS SASONGKO (12112789)
RISKY KURNIAWAN (16112469)
IKBAL RAMADIANSYAH (13112581)
BRIYAN MUHARRISKY M. (11112513)
PENDAHULUAN
Organisasi berasal dari kata organon dalam bahasa Yunani yang
berarti alat. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi
pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat saya simpulkan
bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang
dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang
dimiliki. Dan pada prinsipnya setiap
organisasi harus memiliki tiga unsur dasar,yaitu :
a. Orang-orang (sekumpulan orang),
b. Kerjasama,
c. Tujuan yang ingin dicapai,
Sedangkan Pengertian Manajemen
dari beberapa literature sebagai berikut :
a. Menurut Goerge
R. Terry dan Leslie W. Rue dikemukakan bahwa : Manajemen adalah suatu
proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu
kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang
nyata.
b. Menurut James
A F Stoner dalam bukunya Management, diungkapkan bahwa : Manajemen adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha
para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya
agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
c. T. Hani
Handoko menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan
sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan
mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan
(planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau
kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan
(controlling).
Dengan
demikian, manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan
mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya
organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
AKTIVITAS
MANAJEMEN ORGANISASI
Secara khusus manajemen organisasi mempunyai dua
tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi, dimana :
•
effective is to do the right something. Dimana efektif merupakan pencapaian
tujuan atau
target.
•
efficiens is to do the something right . sedangkan efisien adalah cara dalam
mencapai
tujuan atau taget tersebut dengan memperkecil pengeluaran atau
pemborosan Sehingga dalam menjalankan roda organisasi dengan menggunakan
sedikit mungkin sumberdaya namun mencapai tujuan yang maksimal.
AKTIVITAS
MANAJEMEN
aktivitas utama atau fungsi utama manajemen adalah :
1. Perencanaan (Planning)
Perencanaan
adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus
dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa. Gagal
dalam merencanakan artinya merencanakan kegagalan, sehingga lebih baik
bersimbah keringat di saat latihan daripada bersimbah darah di medan perang.
2. Pengorganisasian (organizing)
Pengorganisasian
merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan
mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota
organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien. (T.Hani
Handoko)
Sedangkan fokus pada tahap
pengorganosasian adalah :
• Apa saja tugas yang harus diselesaikan?
• Siapa yang yang mengerjakannya?
• Bagaimana tugas-tugas dikelompokkan?
• Siapa melapor ke siapa?
• Dimana keputusan harus dibuat?
3. Pengarahan (Leading/Actuating)
4. Pengontrolan (controlling)
Pengawasan
dapat didefinisikan sebagai proses untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan
organisasi dan manajemen
tercapai
PENGEMBANGAN ORGANISASI
1. Pengertian Pengembangan Organisasi
Pengembangan
Organisasi merupakan program yang berusaha meningkatkan efektivitas
keorganisasian dengan mengintegrasikan keinginan individu akan pertumbuhan dan
perkembangan dengan tujuan keorganisasian.
2. Alasan akan pentingnya pengembangan Organisasi
• Perubahan adalah pertanda kehidupan
• Perubahan memberikan harapan
• Pengembangan merupakan tanggapan atas perubahan
• Pengembangan merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal
baru (perubahan)
3. Metode Pengembangan Organisasi
• Metode Pengembangan Perilaku
Jaringan Manajerial (managerial Grid)
Latihan kepekaan
Pembentukan Tim
Umpan Balik Survei
• Metode Pengembangan Ketrampilan dan sikap
On the job training
Job Instruction Training
Of the job training
Vestibule training
CONTOH
PERUSAHAAN BERKEMBANG
Perusahaan Perseroan (Persero) PT Telekomunikasi Indonesia,
Tbk (“TELKOM”, ”Perseroan”, “Perusahaan”, atau “Kami”) merupakan Badan Usaha
Milik Negara dan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di
Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon kabel tidak bergerak (fixed
wireline) dan telepon nirkabel tidak bergerak (fixed wireless), layangan
telepon seluler, data dan internet, serta jaringan dan interkoneksi, baik
secara langsung maupun melalui anak perusahaan.
Sebagai BUMN, Pemerintah Republik Indonesia merupakan
pemegang saham mayoritas yang menguasai sebagian besar saham biasa Perusahaan
sedangkan sisanya dimiliki oleh publik. Saham Perusahaan diperdagangkan diBursa
Efek Indonesia (“BEI”), New York Stock Exchange (“NYSE”), London Stock Exchange
(“LSE”) dan Tokyo Stock Exchange (tanpa listing).
Untuk menjawab tantangan yang terus berkembang di industri
telekomunikasi dalam negeri maupun di tingkat global, kami bertekad melakukan
transformasi secara fundamental dan menyeluruh di seluruh lini bisnis yang
mencakup transformasi bisnis dan portofolio, transformasi infrastruktur dan
sistem, transformasi organisasi dan sumber daya manusia serta transformasi
budaya. Pelaksanaan transformasi ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya
diversifikasi bisnis TELKOM dari ketergantungan pada portofolio bisnis Legacy
yang terkait dengan telekomunikasi, yakni layanan telepon tidak bergerak
(Fixed), layanan telepon seluler (Mobile), dan Multimedia (FMM), menjadi
portofolio TIME (Telecommunication, Information, Media and Edutainment).
Konsistensi kami dalam berinovasi telah berhasil memposisikan Perusahaan
sebagai salah satu perusahaan yang berdaya saing tinggi dan unggul dalam bisnis
New Wave.
Komitmen kami untuk mendukung mobilitas dan konektivitas
tanpa batas diyakini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan ritel maupun
korporasi terhadap kualitas, kecepatan, dan kehandalan layanan serta produk
yang kami tawarkan. Hal itu terbukti dengan kontinuitas peningkatan di sisi
jumlah pelanggan kami, yakni mencapai 120,5 juta pelanggan per 31 Desember
2010, atau meningkat sebesar 14,6%. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8,3 juta
pelanggan merupakan pelanggan telepon kabel tidak bergerak, 18,2 juta pelanggan
telepon nirkabel tidak bergerak, dan 94,0 juta pelanggan telepon seluler.
KERJASAMA
Kerjasama atau bisa disebut dengan Kooperasi yaitu praktik
seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan
atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja
secara terpisah dalam persaingan.
Kerjasama adalah tugas dan tanggung jawab setiap individu di
suatu perusahaan untuk mengimplementasikan kerjasama kedalam suatu wujud nyata
pelaksanaan kerja harian. Namun untuk tercapainya hal ini perlu adanya komitmen
bersama dan persamaan persepsi tentang arti dan makna teamwork baik dikalangan
karyawan maupun level manajemen. Hal ini diperlukan agar terjalin kesamaan
tujuan dalam pelaksanaanya sehingga tidak terjadi kesimpangsiuran dan
kesalahpahaman dikemudian hari.
Jadi kita bisa melakukan Kerjasama dengan beberapa organisasi lainnya yang memiliki satu tujuan dengan organisasi kita. Contohnya Koperasi adalah Bentuk kerja sama di ranah bisnis, pertanian dan perusahaan.
Jadi kita bisa melakukan Kerjasama dengan beberapa organisasi lainnya yang memiliki satu tujuan dengan organisasi kita. Contohnya Koperasi adalah Bentuk kerja sama di ranah bisnis, pertanian dan perusahaan.
ANAK
PERUSAHAAN
Membuka anak perusahaan salah satu cara yang bisa di gunakan,
kita ingin membuka jasa pengiriman paket/pos. Tapi sebelumnya perusahaan kita
menjual peralatan elektronik maka oleh itu kita bisa menciptakan sebuah anak
perusahaan yang masih dalam pengawasan perusahaan induk. Contoh BUMN memiliki
beberapa anak perusahaan seperti PAM, PLN, TELKOM.
GO PUBLIK
Yang di maksud GO PUBLIK adalah kita membuka pintu untuk
Investor2/Masyarakat yang ingin ber investasi. Perusahaan yang sudah GO PUBLIK
disebut dengan Perusahaan terbuka. Contoh sederhananya adalah perusahaan
waralaba yang mengajak masyarakat/investor untuk menanam saham atau membuka
franchise.
Perusahaan tidak hanya dengan cara itu menjadi perusahaan Go
Public tetapi harus di setujui oleh Bapepam. Perusahaan yang bermaksud
menawarkan efeknya ke masyarakat melalui pasar modal itu, Dalam mengajukan pernyataan
pendaftaran emisi efek
syarat yang harus dipersiapkan :
1. Menajemen perusahaan menetapkan rencana mencari dana melalui Go public.
2. Ada persetujuan dari RUPS dan orang-orang pemegang saham di perusahaan dan perubahan anggaran dalam RUPS tadi. Suatu perusahan yang Go public itu dalam penjualan saham perdananya ke masyarakat, harga sahamnya jauh berbeda dengan waktu penawaran perdana sebelum Go public.
1. Menajemen perusahaan menetapkan rencana mencari dana melalui Go public.
2. Ada persetujuan dari RUPS dan orang-orang pemegang saham di perusahaan dan perubahan anggaran dalam RUPS tadi. Suatu perusahan yang Go public itu dalam penjualan saham perdananya ke masyarakat, harga sahamnya jauh berbeda dengan waktu penawaran perdana sebelum Go public.
3. Emiten
atau perusahaan yang Go public tadi harus menyiapkan kelengkapan dokumen dibantu dengan profesi penunjang :
a.
Penjamin emisi (underwriter) yang menjamin dan
membantu emiten dalam proses emisi.
b.
Profesi penunjang ada; akuntan publik, notaris,
konsultan hukum, perusahaan penilai.
c. Lembaga penujangnya; wali amanat, guarantor,
biro administrasi efek, tempat penitipan harta
4 4. Mempersiapkan
kelengkapan dokumen emisi tadi
5. Mengadakan kontrak pendahuluan dengan bursa efek
6. Public Expose
7. Penandatangan-an berbagai perjanjian-perjanjian emisi
8. Penawaran obligasi atau efek lain yang bersifat hutang, harus dapat peringkat yang dikeluarkan oleh lembaga peringkat efek.
9. Menyampaikan pernyataan pendaftaran beserta dokumen-dokumennya kepada Bapepam. Setelah Bapepam menerima pernyataan pendaftaraan emisi tadi, Bapepam melakukan pemeriksaaan dan evaluasi terhadap kelengkapan dokumen yang diwajibkan termasuk juga Surat pengantar pernyataan pendaftaran prospektus lengkap, belum lagi dokuman lain yang ikut diwajibkan juga dan sangat wajib, laporan keuangan, rencana jadwal emisi, rencana penggunaan dana, Legal Audit, Legal opinion, perjanjian penjaminan emisi dan lain-lain.
Dan berdasarkan ketentuan yang berlaku, pihak Bapepam bakalan nanggepin permohonan emisi tadi dalam tiga puluh hari kerja setelah penyerahan berkas permohonan tersebut didaftarkan. Selain 3 cara diatas ada pula faktor - faktor yang membuat organisasi harus berkembang agar bisa bertahan.
5. Mengadakan kontrak pendahuluan dengan bursa efek
6. Public Expose
7. Penandatangan-an berbagai perjanjian-perjanjian emisi
8. Penawaran obligasi atau efek lain yang bersifat hutang, harus dapat peringkat yang dikeluarkan oleh lembaga peringkat efek.
9. Menyampaikan pernyataan pendaftaran beserta dokumen-dokumennya kepada Bapepam. Setelah Bapepam menerima pernyataan pendaftaraan emisi tadi, Bapepam melakukan pemeriksaaan dan evaluasi terhadap kelengkapan dokumen yang diwajibkan termasuk juga Surat pengantar pernyataan pendaftaran prospektus lengkap, belum lagi dokuman lain yang ikut diwajibkan juga dan sangat wajib, laporan keuangan, rencana jadwal emisi, rencana penggunaan dana, Legal Audit, Legal opinion, perjanjian penjaminan emisi dan lain-lain.
Dan berdasarkan ketentuan yang berlaku, pihak Bapepam bakalan nanggepin permohonan emisi tadi dalam tiga puluh hari kerja setelah penyerahan berkas permohonan tersebut didaftarkan. Selain 3 cara diatas ada pula faktor - faktor yang membuat organisasi harus berkembang agar bisa bertahan.
Kekuatan eksternal
-
Kompetisi yang semakin tajam antar organisasi.
-
Perkembangan IPTEK.
- Perubahan lingkungan baik lingkungan fisik maupun sosial
yang membuat organisasi berfikir bagaimana
mendapatkan sumber diluar organisasi untuk masa depan organisasi.
Kekuatan internal
-
Struktur.
-
Sistem dan prosedur.
-
Perlengkapan dan fasilitas.
-
Proses dan sasaran.
- Bila tidak cocok akan membuat organisasi melakukan
perbaikan. Perubahan organisasi dilakukan untuk mencocokkan dengan kebutuhan
yang ada.
Dengan terciptanya iklim
kerjasama antar sesama karyawan didalam perusahaan diantaranya adalah:
-
Penyelesaian yang cepat terhadap suatu permasalahan yang timbul dalam kegiatan
kerja.
-
Timbulnya ide-ide baru yang berasal dari kreatifitas individu maupun team yang
dapat
menjawab tantangan-tantangan menghadapi kompetisi yang semakin
ketat dalam dunia
telekomunikasi akhir-akhir ini.
-
Meningkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan pada umumnya dan individu
karyawan pada khususnya.
KESIMPULAN
Organisasi adalah bentuk formal
dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing – masing (gaji,
kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk
mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Untuk Itu diperlukan beberapa tipe
organisasi dalam pengembangan perusahaan tersebut.
Dalam menjalankan Perusahaannya,
Organisasi yang berkembang tersebut menggunakan beberapa sistem untuk memajukan
perusahaan mereka. Sistem organisasi berkembang yang dikenal adalah : join
venture, holding company, dan go public.
Sistem organisasi yang berkembang
tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang menjadi tolak
ukur setiap perusahaan memilih sistem pengerjaan perusahaannya sesuai dengan
bidangnya masing-masing sehingga kekurangan dan kelebihan tersebut bisa di
gunakan untuk memajukan kepentingan perusahaan itu sendiri.
PENUTUP
Demikian yang dapat kami paparkan
mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih
banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan
kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.
Penulis banyak berharap para
pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada
penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di
kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada
khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
DAFTAR
PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar
Leave Comment Here